just simple think about GIS

16 Oktober 2009

Fusi Citra with ArcGIS

Filed under: All about ArcGIS — Tag:, , , , , , , — un_sorry™ @ 01:13

Sering denger sih tapi apa ya?
Kok kayak di film Dragon Ball aja, fusi antara SonGoku dan Bejita yang jadinya manusia Super Saiya.
Hm . . .  ^_^

Kalo gitu kita liat ke bawah ini aja deh dari pada kita bingung semua.
Fusi citra merupakan suatu bentuk image processing yang bertujukan untuk mempertajam resolusi spasial suatu citra tertentu. Prinsip kerjanya yaitu menggabungkan citra satelit tersebut dengan citra satelit yang memiliki resolusi spasial yang lebih baik. Langsung aja, di sini akan saya tunjukkan step by step-nya dengan sample data citra SPOT 4 Composite band 321 (resolusi spasial 20 meter) dan Pankromatik band (resolusi spasial 10 meter).

1. Gunakan ArcMAP-nya, bukaknya gak usah ditungguin, tinggal aja dulu untuk buat kopi dan ngambil makanan

2. Add Data citra SPOT 4 Composite band 321, tampilan resolusi spasialnya kurang lebih seperti ini :
before

3. Kemudian klik kanan pada layer Composite.TIF, pilih Properties
klik kanan

4. Pada jedela Layer Properties, klik pada Tab Symbology, kemudian pada scrollbar-nya ditarik ke bawah.

5. Centanglah pada Pan-Sharpening
Layer Properties

6. Klik tombol Browse File di sebelah kanan pada Panchromatic Image dan panggil citra pankromatiknya

7. Atur Pansharpening Type yang sesuai, ada pilihan IHS, Brovey, ESRI, dan Simple Mean.

8. Klik Apply dan OK

9. Selesai deh.Hasilnya citra composite band-nya sekarang sudah memiliki resolusi spasial yang lebih detil yaitu 10 meter seperti pada gambar di bawah ini.
after

Bagaimana?

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: