just simple think about GIS

15 Oktober 2009

Dari ArcGIS 9.3 (ArcMap) Ke Google Earth

Scanning -> Georeferencing -> Digitazing -> Editing -> Layout

Pasti endingnya slalu layout . . .
Padahal bosen kalo display hasil peta dari ArcGIS cuman layout terus . . .
Kalo display petanya di Google Earth gimana? Opo yo mungkin?
Ha… ha… ha… ternyata emang mungkin kok.
Sebenernya cuman ngonvert data *.shp atau feature class-nya ke format *.kml atau *.kmz aja.

Lha tools-nya? Nyantai gak usah bingung.
Dah ada kok sebenarnya bawaan ArcGIS di Toolbox yaitu Data Interoperability Tools. Tinggal pake Quick Export aja, arahkan file export pada format Google Earth KML, jadi deh file KML-nya.
Selanjutnya buka aja file KML-nya di Google Earth, selesai.

Tampilan Peta Batas Administrasi Kota Yogyakarta di ArcMAP :
tampilan peta di ArcMAP

Tampilan Peta Batas Administrasi Kota Yogyakarta di Google Earth :
tampilan peta di Google Earth

Gak cuman buat ngonvert *.shp to *.kml aja, tapi Data Interoperability Tools juga bisa buat ngonvert data ke format data spasial lainnya seperti autocad (dwg/dxf), mapinfo (tab), postGIS, postgre SQL, dll. Atau dari format data lain dijadikan ke format *.shp atau feature class.

Wis rasah manthuk-manthuk karo mesam-mesem, langsung wae dicoba terus diumukke karo konco-koncone
Mantab to . . .
Asoy . . .

1 Komentar »

  1. wah menarik nih.. cuma sayang Data Interoperabilities tools ini ga ada di arcMap ku, gimana ya? apa harus menggunakan software single license.. atau saat install harus mengaktifkan semua extension, soal nya kalo dibuka di tools>>Extensions>> malah ga ada satupun extension yang di install pie nih…

    Komentar oleh rizal — 21 Desember 2009 @ 18:07


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: